PERTANYAAN SELIPUT KONTRAK

1Q:   Apa yang dimaksud dengan kontrak?

◆Sebuah kontrak adalah dokumen asli yang menyandang nama anda dan nama majikan anda. Ini menyatakan tugas dan tanggung jawab dari kedua belah pihak

2Q:   Bagaimana batas waktu/periode dari setiap kontrak di Taiwan?

◆Setiap kontrak berlaku selama 3 tahun.

◆Setelah menyelesaikan batas waktu/periode ini, majikan mungkin memerlukan pekerja untuk periode selanjutnya, jika demikian anda akan menandatangani kontrak baru untuk periode berikutnya.

◆Perpanjangan kontrak ini adalah pilihan, tergantung pada prestasi pekerja dan kemauan atau kapasitas majikan untuk memperpanjang pelayanan pekerja.

◆Berdasarkan Undang-Undang Jasa dari Taiwan, seorang pekerja dapat datang berkerja di Taiwan selama 12 tahun.

3Q:   Apa yang harus saya ingat sebelum menandatangani kontrak?

◆Pastikan untuk membaca dan memahami segala sesuatu yang tertulis dalam kontrak. Semuanya harus jelas dalam terjemahan bahasa  Indonesia.

◆Pekerja harus bebas/tidak dipaksa untuk menandatangani kontrak.

◆Pekerja perlu mengetahui isi pekerjaan yang diberikan apakah sesuai dengan kemampuannya sendiri sebelum menandatangani kontrak kerja yang ditawarkan.

◆Pekerja seharusnya cukup dewasa untuk menangani masalah pribadi (misalnya siap untuk berada di tempat yang jauh dari orang yang mereka cintai) dan harus mempunyai emosi yang stabil.

◆Mengharapkan penghasilan yang lebih besar memerlukan kerja keras.( Rejeki tidak akan jatuh dari langit.)

4Q:   Bagaimana jika saya diminta untuk menandatangani sesuatu dalam bahasa Mandarin?

◆Jangan menandatangani apa pun tanpa terjemahan. Semuanya harus diterjemahkan dengan jelas.

5Q:   Bagaimana jika saya diminta untuk menandatangani kertas kosong (kontrak kosong)?

◆Harap, jangan pernah menandatangani kertas kosong (kontrak kosong)

6Q:   Dengan alasan apa dapat memutusan kontrak?

◆Majikan bangkrut

◆Menggunakan obat-obatan terlarang

◆Pemalsuan izin kerja, paspor, ARC dan dokumen lainnya

◆Pencurian atau perampokan, dll

7Q:   Bagaimana jika saya tidak mampu menyelesaikan kontrak saya?

◆Bagi para pekerja formal, perusahaan biasanya meminta pekerja untuk menandatangani kesepakatan tentang biaya penalti untuk pemutusan kontrak. Ini adalah semacam perjanjian bagi kedua pihak, pihak perusahaan dan pihak pekerja.

◆Harap diingat bahwa pekerja tidak bisa meninggalkan perusahaan atau mengakhiri kontraknya tanpa proses hukum.

◆Dalam kasus penghentian/pemulangan paksa, pekerja memiliki hak untuk mengajukan keluhan ke Konseling, CLA ataupun 1955 untuk mengadukan bahwa dia tidak melakukan pelanggaran apapun tetapi dipaksa menghentikan kontrak.

◆Bagi para pekerja formal (atau pekerja perusahaan), semestinya tidak ada penalti atau hukuman putus kontrak, kecuali dinyatakan dalam kontrak, di dalam peraturan dinyatakan jika majikan memberi hukuman kepada pekerja yang tidak bisa menyelesaikan kontraknya adalah hal yang ilegal karena ini menindas/menginjak hak para pekerja. Pekerja informal (atau pekerja rumah tangga) tidak menandatangani perjanjian mengenai penalti dengan majikan. Oleh karena itu, mereka tidak harus membayar apa-apa.