PERTANYAAN SELIPUT PAJAK

1Q:   Apa peraturan yang berkaitan dengan pembayaran pajak?

◆Di Taiwan setiap warga negara lokal ataupun warga negara asing wajib membayar pajak.

◆Perhitungan pajak akan berbeda sesuai dengan status Anda sebagai penduduk tetap atau bukan penduduk tetap.

◆Perhitungan pajak penduduk tetap: Jika pada tahun fiskal yang sama, jumlah hari anda bekerja dan menetap di taiwan mencapai 183 hari, anda dinyatakan berstatus penduduk tetap dan pajak penghasilan anda disesuaikan dengan standar yang berlaku, yaitu potongan pajak penghasilan antara 5﹪- 40﹪tergantung dari besarnya gaji. Jika majikan anda merupakan pihak yang wajib memotong pajak penghasilan anda, maka ketika anda menerima gaji, anda boleh memilih pajak penghasilan anda dipotong sebesar 5﹪dari gaji atau dipotong sebesar perhitungan tarif pajak penghasilan yang harus anda bayarkan.

◆Perhitungan pajak bukan penduduk tetap: Jika pada tahun fiskal yang sama, jumlah hari anda bekerja dan menetap di taiwan tidak mencapai 183 hari, anda dinyatakan berstatus bukan penduduk tetap, majikan anda diwajibkan untuk memotong dari gaji yang anda terima berdasarkan undang-undang pajak penghasilan. Jika penghasilan bulanan anda setelah dikalkulasi 1.5 kali lipat dan masih berada dibawah atau termasuk standar gaji minimum bulanan yang ditetapkan oleh executive yuan maka akan dikenakan tarif 6﹪dari jumlah gaji kena pajak, bagi penghasilan bulanan 1.5 kali lipat di atas gaji minimum yang ditetapkan executive yuan, akan dikenakan tarif 18﹪dari jumlah gaji kena pajak, tidak perlu mengurus pelaporan perhitungan pajak pendapatan                                  

2Q:   Bagaimana cara mendapatkan pengembalian pajak?

◆Jika potongan pajak yang dipotong oleh perusahaan pada tahun sebelumnya lebih dari pajak yang seharusnya dibayar anda, maka akan dikembalikan sebelum akhir tahun.

◆Periode awal pengembalian pajak dimulai dari bulan September. Ini akan dikeluarkan oleh biro pajak dalam bentuk cek.

◆Pekerja biasanya diminta untuk menandatangani surat kuasa untuk mengesahkan majikan atau agensi untuk mendapatkan pengembalian cek dari biro pajak.

◆Ketika menerima pengembalian pajak dari majikan, periksalah dahulu bahwa jumlah uang tersebut tepat sebelum menandatangani surat tanda terima.