MASALAH KESEHATAN

1Q:   Apa saja peraturan tentang pemeriksaan medis?

◆Ini adalah sebuah syarat bahwa seorang pekerja asing harus melewati pemeriksaan medis.

❖Pertama kali: dalam waktu 3 hari setelah kedatangan di Taiwan.

❖Kedua kali: pada bulan ke-6 setelah tiba di Taiwan

❖Ketiga kali: pada bulan ke-18 setelah tiba di Taiwan

❖Keempat kali: pada bulan ke-30 setelah tiba di Taiwan

2Q:   Bagaimana jika saya memiliki beberapa masalah dengan hasil medis?

◆Tes tinja tidak lewat, mempunyai cukup alasan untuk memulangkan anda. Namun anda akan diberi waktu 2 minggu untuk minum obat, kemudian anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan ulang, bila pemeriksaan ulang tidak ada masalah anda dapat melanjutkan kerja.

◆Penyakit seperti TBC (Tuberculosis), HIV, AIDS dan penyakit kelamin lainnya memiliki alasan penuh untuk pemulangan pekerja.

3Q:   Bagaimana dengan surat perjanjian asuransi kesehatan?

◆Menurut peraturan undang-undang Taiwan, majikan harus mengajukan permohonan asuransi kesehatan untuk pekerjanya. Majikan membayar 75% dari jumlah biaya asuransi , dan pekerja dan membayar sisanya sebesar 25%.

4Q:   Bagaimana bisa seorang migran (pekerja/buruh asing) melindungi dirinya dari keadaan bahaya dan kecelakaan?

◆Migran (pekerja/buruh asing) perlu belajar untuk menggunakan alat pelindung bagi diri mereka sendiri: helm, kacamata pelindung, sepatu bot,sarung tangan, masker , penyumbat telinga atau apa saja untuk melindungi mereka dari bahan kimia yang berbahaya atau suara kerasnya mesin di tempat kerja.

5Q:   Dalam kasus kecelakaan atau kematian seorang pekerja, siapa yang harus bertanggung jawab?

◆Majikan yang bertanggung jawab atas keselamatan para pekerja. Dia memiliki tanggung jawab untuk mengajukan asuransi tenaga kerja bagi mereka. Dalam kasus kecelakaan atau cedera di tempat kerja, majikan harus membayar biaya pengobatan. Dalam kasus kematian, semua biaya yang akan diperlukan harus dibayar oleh majikan.

◆Jika majikan tidak dapat menjalankan kewajibannya kepada pekerja, agensi tempat tujuan kerja dan agenci pengirim harus bertanggung jawab untuk pekerja.

6Q:   Bagaimana caranya pekerja bisa meminta bantuan dalam kasus kematian anggota keluarganya (hanya untuk pekerja formal) ?

◆Bantuan biaya kematian keluarga hanya untuk mereka yang telah memiliki asuransi tenaga kerja yang diajukan oleh perusahaan majikan untuk pekerjanya ( hanya untuk yang bekerja formal)

✔Mengisi formulir pendaftaran dari perusahaan anda (agensi atau personil kantor Sumber Daya Manusia).

✔Menyediakan 3 lembar fotokopian paspor, ARC dan kontrak kerja.

✔Dapatkan surat kematian anggota keluarga (diartikan dalam bahasa mandarin)

✔Berikan bukti hubungan sebagai keluarga (misalnya akte kelahiran atau surat pernikahan atau kartu keluarga) yang sudah dilegalisir di KDEI setiap dokumen difotokopi 3 lembar .

✔Permintaan otentikasi dari KDEI

✔Sertakan salinan kartu identifikasi pribadi anda berupa: KTP , SIM, Akte lahir.

✔Minta kantor anda (majikan atau agensi) untuk mengajukan permohonan bagi anda untuk diproses oleh Biro Asuransi Tenaga Kerja.